Kamis, 11 Juli 2019

Berapa lama wasir bertahan? Apa yang harus diketahui

Wasir adalah bengkak, iritasi pembuluh darah di sekitar anus atau dubur yang dapat bertahan untuk waktu yang bervariasi. Pada beberapa orang, wasir hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Dalam kasus lain, mereka dapat menjadi kejadian biasa.
Beberapa orang mungkin memerlukan pengobatan atau prosedur medis untuk meminimalkan gejala mereka dan mengecilkan wasir .
Wasir dapat menyebabkan rasa sakit dan membuat kegiatan sederhana, seperti duduk atau berjalan, tidak nyaman atau menantang.
Pada artikel ini, pelajari lebih lanjut tentang berapa lama wasir bertahan dan bagaimana mendapatkan pertolongan.

Baca juga : cara mengatasi ejakulasi dini permanen

Lamanya
Tidak ada durasi yang ditentukan untuk wasir. Wasir kecil dapat hilang tanpa pengobatan dalam beberapa hari.
Wasir luar yang besar membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dan dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang signifikan. Jika wasir belum sembuh dalam beberapa hari, yang terbaik adalah pergi ke dokter untuk perawatan.
Faktor risiko untuk wasir yang parah atau berulang meliputi:
tidak mendapatkan serat yang cukup
kelebihan berat badan atau obesitas
Sedang hamil
mengalami sembelit kronis
mengalami diare kronis
otot yang menua
duduk di toilet terlalu lama
mengejan saat buang air besar
melakukan hubungan seks anal
menggunakan terlalu banyak atau menyalahgunakan enema atau pencahar
Beberapa faktor di atas juga dapat membuat wasir sulit disembuhkan, sehingga masalah ini bisa bertahan lebih lama.

Pengobatan
Beberapa wasir tidak memerlukan perawatan dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Selama masa ini, seseorang harus beristirahat dan menghindari melakukan apa pun yang membuat tegang atau menekan area tersebut.
Perawatan tanpa resep (OTC) mungkin bekerja untuk beberapa orang. Krim obat, seperti gel fenilefrin (Persiapan H), dapat membantu meringankan rasa gatal dan tidak nyaman.
Jika perawatan OTC memiliki sedikit efek atau tidak, dokter mungkin dapat meresepkan salep yang lebih efektif.
Orang yang sering mengalami wasir atau mengalami komplikasi, seperti darah di tinja, harus berbicara dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan perawatan alternatif atau menjalankan tes untuk menyingkirkan penyebab yang mendasarinya.
Orang yang mengalami wasir parah mungkin perlu perawatan lebih intensif, termasuk prosedur medis. Prosedur-prosedur ini dapat meliputi:
Ligasi gelang karet, yang merupakan prosedur nonsurgical paling umum untuk menghilangkan wasir. Seorang dokter akan menempatkan pita kecil dan kencang di sekitar wasir untuk memotong sirkulasi ke jaringan dan membiarkannya lepas.
Skleroterapi, di mana dokter menyuntikkan obat kimia ke dalam wasir untuk mengecilkannya. Dokter juga dapat menggunakan panas, cahaya, atau suhu beku untuk mencapai ini.
Pengangkatan dengan pembedahan, yang hanya disarankan oleh dokter dalam kasus di mana wasir tidak merespons metode di rumah atau di kantor. Pembedahan biasanya berhasil dan mencegah wasir kembali.

Baca juga : Cara mengatasi alergi makanan Anda

Pemulihan
Bagi orang yang mendapatkan wasir secara teratur, beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu penyembuhan dan pencegahan.

Diet
Mengejan saat buang air besar adalah penyebab umum wasir, tetapi orang dapat melakukan penyesuaian pola makan untuk mengurangi kebutuhan mereka akan ketegangan.
Termasuk banyak makanan kaya serat dalam diet umumnya bermanfaat. Menanam serat dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian membantu mengumpulkan air dalam tinja, membuatnya lebih lembut dan lebih mudah untuk dilewati.
Melengkapi diet dengan serat larut, seperti metilselulosa (Citrucel) atau psyllium (Metamucil), dapat mengurangi sembelit.
Minum banyak air sepanjang hari membantu memastikan bahwa tubuh memiliki cukup air untuk pencernaan yang sehat, yang juga dapat meredakan sembelit.

Gaya hidup
Melakukan sedikit perubahan gaya hidup kecil dapat membantu meminimalkan gejala wasir. Beberapa tips meliputi:

Menggunakan bangku kecil untuk menopang kaki sambil buang air besar. Ini akan mengubah posisi saluran anus, yang mungkin memudahkan buang air besar.
Hindari menunda buang air besar saat dibutuhkan.
Mandi teratur.
Cuci anus dengan lembut di kamar mandi setelah setiap buang air besar atau menggunakan tisu toilet yang lembab atau air dari bidet.
Mandi sitz hangat untuk meringankan gejala.
Duduk di kompres es untuk mengurangi rasa sakit atau tidak nyaman.
Berolahraga secara teratur membantu merangsang gerakan usus.
Menghabiskan terlalu banyak waktu di toilet dapat menyebabkan darah mengumpul di pembuluh darah di rektum atau menekannya.
Sementara melakukan perubahan pola makan dapat mengurangi waktu toilet, orang juga harus menghindari membawa ponsel cerdas, koran, atau buku ke kamar kecil.

Memahami wasir
Wasir berasal dari kelompok kecil vena di dekat selaput lendir anus dan rektum bawah. Mereka berkembang ketika vena menjadi bengkak atau iritasi.
Wasir internal muncul di dalam rektum bawah dan tidak terlihat dengan mata telanjang. Jenis wasir ini mungkin tidak menyebabkan rasa sakit atau iritasi, tetapi seseorang mungkin memiliki gejala lain.
Wasir eksternal muncul di bagian luar anus dan biasanya menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.
Gejala wasir dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi seringkali termasuk:
benjolan di luar anus
rasa sakit atau tidak nyaman
gatal, bahkan setelah menyeka area bersih
bengkak di dekat anus
sensasi terbakar ketika buang air besar atau saat istirahat
Seseorang juga dapat melihat darah di toilet atau tinja.

Selama masa kehamilan
Wasir adalah masalah umum selama kehamilan. Berat ekstra yang dibawa seorang wanita selama kehamilan dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di anus dan dubur.
Saat rahim tumbuh, rahim juga menekan pembuluh darah di dekat dubur.
Perubahan hormon dapat merelaksasi pembuluh darah di daerah ini, yang juga dapat membuat wasir lebih mungkin terjadi.
Perubahan hormon dan fisik juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit atau diare, yang meningkatkan risiko seseorang terkena wasir.

Baca juga : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Permanen Dengan Ampuh

Pandangan
Wasir biasanya tidak parah, tetapi bisa mengganggu dan menyulitkan kehidupan sehari-hari.
Berapa lama bertahan wasir dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi berbagai obat OTC dan pilihan medis tersedia untuk mengobati mereka.
Ada juga beberapa perubahan sederhana yang dapat dilakukan orang-orang terhadap pola makan dan gaya hidup mereka untuk mencapai pengurangan gejala dan mencegah pembentukan wasir baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar